Get me outta here!

Rabu, 19 April 2017

Keindahan Wisata Penggunungan Kapur dunia yang salah satunya ada di Indonesia

Gugusan Karts maros Rammang-rammang merupakan pengunungan kapur terbesar di dunia ke 3 setelah Cina Selatan dan Vietnam.

Ada 2 pegunungan kapur di dunia yang sangat terkenal yiatu Guilin yang berada di China, yang merupakan salah satu tempat andalan wisata di China, karena keindahan alamnya yang begitu mengandung keajaiban dunia. Kita mungkin cukup sering melihat lukisan-lukisan Cina yang menggambarkan gunung-gunung tinggi dan sungai yang mengalir, bagaikan suatu pemadangan di kayangan, namun hal tersebut ternyata benar-benar ada karena di ambil dari pemadangan real yang ada di China yaitu Guiin. Guilin adalah suatu daerah yang memiliki banyak gunung-gunung kecil yang menjulang tinggi dan memiliki aliran sungai yang panjang dan besar. Di Guilin kita dapat melihat pemadangan gunung-gunung yang dialiri sungai dengan sedikit kabut dan hawa yang begitu sejuk, sehingga hal ini membuat kita merasa benar-benar seperti berada di kayangan.
Penggunungan Kapur kedua yang terkenal berada di Vietnam yaitu Pegunungan Marmer yang merupakan kelompok lima pegunungan kapur yang ada di Ngu Hanh Son Ward, disebelah selatan kota Da Nang, Provinsi Quang Nam, Vietnam. Lima pegunungan yang dinamai tersebut mewakili lima unsur, yaitu Tho (bumi), Hoa (api), Moc (kayu), Thuy (air), dan Kim (logam). Semua pegunungan tersebut mempunyai pintu masuk berupa gua dan sejumlah terowongan. Jadi, sangat mungkin bagi pengunjung yang datang ke Pegunungan Marmer untuk mendaki ke bagian puncak. Ada beberapa tempat suci agama Buddha yang bisa ditemukan saat berada di sana dan ini tentu makin membuat Pegunungan Marmer menjadi lokasi wisata favorit bagi mereka yang suka berpetualang. Kawasan ini juga terkenal karena pahatan dan potongan batu yang terlihat begitu indah.


Namun yang belum banyak di Ketahui adalah Indonesia juga memiliki Pegunungan kapur yang diberi nama Gugusan karts Maros Ramang–ramang. Gugusan karts Maros Ramang–ramang ini adalah pegunungan kapur terluas ke 3 yang berada di dunia setelah Cina dan Vietnam tentunya seperti yang kita bahas diatas.
Dari sekian keragaman bentuk batuan, beberapa yang sungguh luar biasa adalah kenampakan karst menara dan pinnacle karst  dengan bentuk yang runcing di Dusun Bontopuru. Bebatuan tersebut menjadi latar belakang yang kontras di antara sawah-sawah yang luas, genangan sisa rawa, atau kolam-kolam berhias tumbuhan teratai. Di sekitar Salo Pute. Yang artinya sungai putih, batuan yang berabrasi oleh air membuat bebatuan menjadi ukiran-ukiran alam yang unik dan saat melewati rimbunan pohon tak jarang hewan endemik asli tempat tersebut seperti burung, kera tak berekor, ayam hutan bahkan ular akan menyambut kedatangan kita.

Perpaduan antara batuan karts yang keabuan, kehijauan sawah warga, rumah-rumah panggung dan genangan air seperti kolam menjadikan perpaduan landscape pemandangan yang sangat menakjubkan di Maros Rammang-Rammang.
Gugusan Karts Terletak di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Itulah Keindahan Wisata Penggunungan Kapur dunia yang salah satunya ada di Indonesia. Salam exploring Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar