Get me outta here!

Kamis, 20 April 2017

Mengenal lebih dekat tempat Gugusan Pulau Karang di Raja Ampat agar anda tidak salah ambil tour di Raja Ampat, Papua, Indonesia




Jika Berbicara tentang Keindahan raja ampat memang tiada habisnya, tempat yang mendapat julukan Surga yang jatuh ke bumi ini atau orang Barat menyebutnya Land of Paradise memang memiliki tempat-tempat yang indah yang bukan saja menyenangkan mata melihat tapi juga menyegarkan hati atas keindahnya. Akan tetapi bagi orang yang belum pernah benar-benar mampir kesana pasti ketika kita bicara tentang raja ampat, anda hanya akan kepikiran dan membanyangkan satu pulau yang menjadi iconic raja ampat yaitu wayag. Padahal Raja ampat memiliki banyak destinasi wisata pulau yang lain yang tidak kalah keindahnya. Bukan saja hanya Gugusan karang tetapi juga tempat diving central.

Sebenarnya ada 3 Pulau besar yang menjadi object wisata di Raja Ampat yang menawarkan pemandangan asri GUgusan Pulau Karang, Yaitu Pulau Wayag. Ini adalah iconic dan yang pasti yang anda bayangkan juga pertama kali, dan kedua ada Pulau Misool dan juga Pulau Pianemo. Sebelum mengenal lebih lanjut tentang ketiga pulau tersebut mari kita bahas sedikit tentang Apa dan Seperti Apa Raja Ampat itu?

Kepulauan Raja Ampat sendiri merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung dari Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu ada Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Mengunjungi kepulauan ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya cukup besar. Anda dapat mengambil penerbangan menuju kota sorong yaitu landing di Bandar Udara Dominique Edward Osok. Dari Sorong, kota yang cukup besar dengan fasilitas lumayan lengkap di Papua Barat. Untuk menjelajahi Raja Ampat pilihannya ada tiga, ikut tur dengan perahu pinisi, tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge atau melancong langsung naik kapal ke Waisai baru dari Pulau Waisai anda bisa bernegosiasi menyewa kapal untuk mengelilingi raja ampat. Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam, sebenarnya lokasi ini menarik juga bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.

Seperti yang kita bahas di awal Pulau Wayag adalah Pulau dengan Gugusan batu karang yang paling besar di Raja ampat dan paling terkenal jadi kita tidak akan bahas banyak tentang pulau yang satu ini. Selanjutnya adalah Pulau Pianemo . Pulau Pianemo seperti namanya, Pulau ini adalah habitat asli dari ikan Nemo, salah satu tokoh ikan carto dalam film finding Nemo. Namun masyarakat sekitar juga menyebutnya sebagai 'Wayag Kecil'. Ini karena pemandangannya dari atas bukit karang terjal, mirip gugusan pulau di Wayag yang telah mendunia itu, tapi dalam ukuran yang lebih mini.

Hal unik Lainnya dari Gugusan Karang di Raja Ampat adalah ternyata Karang-karang terjal disana masih 'hidup', masih terus tumbuh dan bukit-bukit itu semakin tinggi setiap tahun. Dari perbedaan Karang di Wayag dan Pianemo adalah gugusan pulau karang di Wayag lebih besar dan memanjang. Sedangkan di Pianemo,gugusan pulau karangnya lebih kecil dan membentuk garis horizontal. Namun disana juga terdapat gugusan karang yang membentuk formasi bintang atau dikenal dengan telaga bintang.

Pulau Gugusan Karang selanjutnya yang tidak kalah indah adalah Pulau Misool. Pulau misool termasuk daerah segitiga karang dunia dan puluhan banyak ikan hias yang terdapat didalam lautnya yaitu sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di daerah misool ini. Dan daerah ini juga memiliki laut lepas yang sangat luas sekali sehingga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar yaitu seperti ikan paus dan gurita. Pulau misool ini berbatasan langsung dengan Laut Seram. Daerah ini terletak di kepala burung papua barat dan dekat dengan kota sorong . Misool terbagi atas dua bagian yaitu misool timur selatan dan misool barat. Daerah ini terkenal juga dengan keanekaragaman budaya, adat, laut dan darat.

Itulah Sederetan Pulau yang memiliki Gugusan Karang dengan laut yang biru serta pemandangan yang dijamin akan menyenangkan mata dan jiwa anda. Jadi sekarang sudah tahukan, Di Raja Ampat bukan hanya ada pulau Wayag tetapi juga, ada destinasi lain yang dapat sahabat Nusantara kunjungi, Yaitu Pulau Pianemo dan Misool. Semoga info ini bermanfaat dan saya harap sahabat Nusantara dapat berkunjung kesana.

Salam Exploring Nusantara!!


1 komentar: