Get me outta here!

Kamis, 20 April 2017

Kita bisa melakukan Wisata Gurun Pasir di Indonesia loh, tidak kalah dengan Gurun pasir Sahara yang ada di Afrika

Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja vs Gurun Sahara, Afrika

 Kita tahu bahwa Gurun adalah wilayah daratan yang paling gersang di bumi ini. Selain paling gersang, gurun juga daerah yang berangin paling kencang.  Di sana jarang turun hujan, karena curah hujannya sangat kecil hanya sekitar 25 cm setahun.


Berbicara tentang Gurun pasti kita langsung tersibak dengan Gurun Sahara. Ya, Gurun Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia sehingga tidak heran hamper setiap orang tahun nama dari Gurun ini jika sedang berbicara tentang hamparan pasir dan Gurun. Nama "Sahara" diambil dari bahasa Arab yang berarti "padang pasir". Sedangkan Bahasa Arab pada menyerap dari bahasa Sumeria.

Gurun Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur. Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika "yang sejatinya". Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km2.

Seperti judul artikel saya siapa sangka di Indonesia terdapat sebuah gurun pasir juga loh, tepatnya terletak di Yogyakarta, terdapat sebuah gurun pasir bernama gumuk pasir parangkusumo. Gumuk Pasir Parangkusumo adalah Gundukan pasir yang terletak di Kabupaten Bantul yang menjadi kebanggaan warga Yogyakarta. Karena gumuk pasir ini hanya ada beberapa saja jumlahnya di seluruh dunia. Selain itu Gumuk Pasir Parangkusumo ini memiliki bentuk yang unik dan bisa digunakan untuk sandboarding.


Gundukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan, antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo. "Setelah terendap di pinggir pantai, barulah angin dari Samudra Hindia mengukir tumpukan pasir ini. Jadilah bentang alam yang unik,".

Dengan ketinggian yang pas, Gumuk Pasir Parangkusumo cocok menjadi lokasi sandboarding.
Situs Parangtritis Geomaritime Science Park menunjukkan, Gumuk Pasir Parangkusumo termasuk dalam gumuk pasir pesisir coastal dunes. Gumuk pasir ini terdapat di seluruh garis lintang di dunia, mulai dari kutub hingga khatulistiwa.

Di Asia Tenggara, coastal dunes sedikitnya terdapat di tiga negara, yakni Filipina “La Paz Sand Dunes”, Vietnam “Mui Ne Sand Dunes”, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa gumuk pasir yang memanjang di selatan Jawa. Namun, pembentukan paling signifikan terdapat di DI Yogyakarta.



Menarik bukan? Sebuah tempat yang dapat menyebuhkan rasa kangen dan penasaran terhadap pemandangan Gurun Pasir yang sering kita lihat di Film-film jika bertema harta karun, perjalanan dan misteri. Yuk jangan sampai ketinggalan, bagi yang deket bisa disiapkan planning untuk mengunjunginya.

Salam Exploring Nusantara!!!!

0 komentar:

Posting Komentar